Media Untuk Teknologi Cocok Tanam Hidroponik

0
297
Teknologi Cocok Tanam Hidroponik

Menyantap makanan yang sehat dan segar merupakan keinginan setiap orang. Namun saat ini memperoleh bahan makananyang sehat dan segar amatlah susah. Sebagian besar bahan makanan yang beredar di masyarakat sudah terkontaminasi bahan berbahaya yang sangat kurang baik bagi tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Oleh karena itulah muncul istilah organik bagi bahan makanan yang aman dan sehat, bahan makanan jenis ini diklem bebas dari bahan berbahaya bagi tubuh. Namun sayangnya bahan makanan organik ini berharga sangat mahal, untuk mensiasati hal tersebut anda dapat menggunakan teknologi hidroponik untuk memperoleh bahan makanan organik yang berjenis sayuran.

Teknologi hidroponik nerupakan slah satu teknologi terbaru dalam dunia bercocok tanam. Teknologi bercocock tanam hidroponik ini pada prinsipnya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman secara optimal yang biasa diperolehnya dari tanah.

Sehingga jika kita dapat memastikan nutrisi tanaman terpenuhi maka anda dapat mengganti media tanamnya dengan menggunakan media lain, sehingga dapat mempersempit ruang yang dibutuhkan untuk bercocok tanam. Ada berbagai jenis media yang dapat digunakan dalam teknologi cocok tanam hidroponik, berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Air
  • Spons
  • Pasir
  • Kerikil
  • Arang sekam
  • Batu apung (Pumice)
  • Serbuk kayu atau disebut serbuk gergaji

Media tanam ini pada umumnya berfungsi sebagai buffer atau penyangga tanaman yang sedang ditaman pada hidroponik, selain dari itu media ini juga digunkan untuk melarutkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan sehingga tumbuhan biasanya akan menempelkan akarnya pada media ini.

Media – media tanam tersebut tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya, sehingga anda dapat menggunakan tempat bercocok tanam yang sangat efektif dan efisien seperti botol plastik bekas, pipa paralon kecil, hingga bekas lampu kecil yang telah tidak dipakai lagi.

Dengan menggunakan teknologi hidroponik, kita dapat menanam sendiri sayuran yang akan kita konsumsi. Dengan menanam sendiri kita dapat menjaga kebersihannya serta keamanannya. Sehingga kita dapa menyediakan sayuran organik sendiri untuk dikonsumsi.