Perkembangan Teknologi Komunikasi Digital

0
278

Perkembangan teknologi yang terus berkembang dewasa ini makin tidak terbendung. Sebagai contoh dalam bidang komunikasi digital dahulu orang berkomunikasi melalui media surat menyurat, telegram, dll. Perkembangan selanjutnya dari surat menyurat berkembang era komunikasi yaitu menggunakan telepon setelah Alexander Graham Bell menemukan benda untuk berkomunikasi tersebut.

Di Indonesia sendiri telepon diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada masa penjajahan, pada saat itu Belanda memperkenalkan alat komunikasi berupa telegraf yang merupakan alat yang mengirimkan sinyal suara dari pemancar ke penerima. Perkembangan selanjutnya yaitu dimulainya era komunikasi digital yaitu menggunakan telepon seperti telepon rumah, telepon koin dan telepon kartu yang pada masa itu populer bahkan sampai berkembang menjadi bisnis yang merambah di segala tempat dengan marak dan berkembangnya kios-kios telepon atau warung telepon (wartel)

Sekarang ini berkembang pesat teknologi komunikasi digital yang lebih populer lagi yaitu menggunakan smart phone. Diawali dengan piranti hand phone monochrome yang pada masa itu hanya bisa digunakan sebagai piranti komunikasi portable yang hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan singkat (SMS) dan berbicara, selanjutnya berkembang hand phone dengan label polyhponik yang mampu menghadirkan warna pada layar disertai tampilan gambar yang bervariasi.  Seiring dengan perkembangan internet, dan komunikasi laju perkembangan komunikasi pun tidak kalah bersaing. Justru smart phonelah yang sekarang ini mengawali perkembangan era digital

Babak baru dunia teknoligi dunia dimulai dengan hadirnya smart phone atau munculnya hand phone-hand phone pintar, gadget, dll yang terus dikembangkan oleh para produsen di seluruh dunia. Piranti ini berbasis aplikasi yang tidak terbatas dengan dilengkapi akses internet menggunakan wifi dan kuota data yang memungkinkan user atau penggunanya dapat mendownloadatau mengunduh berbagai aplikasi dan fitur yang tersedia melaui jasa program seperti play store, dll.

Dengan berkembangnya smart phone yang terus menerus, menjadikan dunia komunikasi di era digital mejadi tanpa batas. Semua kegiatan komunikasi bisa dilakukan dalam satu genggaman. Dengan smart phone segala informasi dan berita dapat diakses dengan mudah. Berbagai bentuk komunikasi verbal berubah menjadi komunikasi visual, data dan dokumen. Smart phone menjadikan orang berkomunikasi dengan tidak terbatas  jarak, waktu, dan tempat.