Penerapan Bioteknologi Modern Dalam Bidang Kedokteran

0
28
bioteknologi

Bidang kedokteran merupakan sebuah bidang yang sangat penting keberadaannya karena bidang yang satu ini sangat berkaitan dengan masalah kesehatan manusia. Kedokteran meliputi berbagai praktik perawatan kesehatan yang berkembang untuk mempertahankan dan memulihkan kesehatan dengan pencegahan dan pengobatan penyakit.

Anda bisa bayangkan jika dalam kehidupan sehari – hari tidak ada seorang pun yang mengerti dan paham tentang bagaimana cara menyembuhkan sebuah penyakit. Kedokteran menggunakan ilmu biomedis, penelitian biomedis, genetika, dan teknologi medis untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah cedera dan penyakit.

Biasanya melalui obat-obatan atau bedah, tetapi juga melalui terapi yang beragam, antara lain, psikoterapi, splint dan traksi eksternal, peralatan medis, biologis, dan radiasi pengionisasi. Begitulah kedudukan bidang kedokteran dalam kehidupan manusia saat ini. Didalam penyembuhan penyakit, diperlukan pengetahuan untuk mendeteksi jenis penyakit yang diderita oleh seseorang.

Baru setelah penyakitnya terdeteksi, maka kita bisa mengambil tindakan – tindakan yang menurut kita efektif untuk dilakukan. Tindakan tersebut bisa berupa medis atau non medis. Nah, bidang yang mampu mendeteksi jenis gejala penyakit yang diderita oleh seseorang tiada lain adalah bidang kedokteran. Begitu pentingnya bidang kedokteran, sehingga diperlukan teknologi yang bisa mendukung bidang kedokteran dalam melakukan usaha pencegahan serta penyembuhan sebuah penyakit. Salah satu teknologi yang diperlukan oleh bidang kedokteran adalah bioteknologi.

Ya, bioteknologi bisa diterapkan dalam bidang kedokteran melalui beberapa cara diantaranya adalah pembuatan antibodi monoklonal, pembuatan vaksin, pembuatan antibiotika dan pembuatan hormon.

Berikut ini adalah penjelasan tentang penerapan bioteknologi dalam bidang kedokteran yang saat ini sudah biasa dilakukan oleh perusahaan – perusahaan atau lembaga – lembaga yang ahli dalam bidang kedokteran.

  • Pembuatan antibodi monoclonal. Antibodi monoklonal adalah antibodi yang diperoleh dari suatu sumber tunggal. Manfaat antibodi monoklonal, antara lain untuk mendeteksi kandungan hormon korionik gonadotropin dalam urine wanita hamil, mengikat racun dan menonaktifkannya, mencegah penolakan tubuh terhadap hasil transplantasi jaringan lain.
  • Pembuatan vaksin. Vaksin digunakan untuk mencegah serangan penyakit terhadap tubuh yang berasal dari mikroorganisme.Vaksin didapat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racun yang diambil dari mikroorganisme tersebut.
  • Pembuatan antibiotika. Antibiotika adalah suatu zat yang dihasilkan oleh organisme tertentu dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan organism lain yang ada di sekitarnya.
  • Pembuatan hormon. Dengan rekayasa DNA, dewasa ini telah digunakan mikroorganisme untuk memproduksi hormon. Hormon-hormon yang telah diproduksi, misalnya insulin, hormon pertumbuhan, kortison,dan testosteron.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here