Pendidikan Pertama Dalam Pengaruh Motorik Anak

0
366
Motorik Anak
Motorik Anak

Pendidikan awal sangatlah penting bagi anak terutama di usia emas, dan keluarga adalah pendidikan nomor satu yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan serta kemampuan motorik anak. Jadi lakukanlah yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai usianya.

Berbicara tentang mendidik anak tentunya bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya karena anak merupakan turunan kita yang tentunya disayangi dan dicintai, sehingga mereka akan menurut dengan apa yang kita perintahkan. Susahnya karena untuk membuat mereka paham butuh kesabaran dan juga latihan. Kemampuan afektif, kognitif, juga motorik anak mesti dilatih, sehingga mereka bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

Setiap anak tentunya berbeda karakter, baik dalam hal usia, jenis kelamin, ataupun kebiasaan yang tentunya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan juga perkembanganya. Pendidikan yang pertama adalah yang berpengaruh terhadap karakter dan juga kepribadian anak, dan keluarga adalah pendidikan paling awal yang mereka kenali. Karena itu, sebagai orang tua mesti mendidik anak dengan baik dan benar, terutama di usia keemasan mereka antara 1 sampai 5 tahun.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua agar mudah membentuk karakter anaknya yaitu :

  1. Memberikan contoh

Sebelum memberi perintah kepada anak, sebaiknya anda melakukan hal terlebih dahulu dan ajaklah mereka untuk bersama-sama melakukan apa yang anda kerjakan. Jangan ada unsur paksaan karena mereka justru akan berontak dan merasa tidak nyaman. Jika anda menghendaki anak anda melakukan apa yang terbaik untuk mereka, maka anda sendiri harus menjadi figur bagi anak dan membuat anak penasaran serta ingin seperti anda.

2. Berikan penghargaan

Sekecil apapun usaha yang telah dilakukan oleh anak anda, jangan sekali-kali mematahkan semangatnya dengan menjelekannya. Berikan penghargaan walaupun dalam sebatas ucapan. Anak anda akan merasa senang apalagi kalau dipuji orang tuanya. Biasanya mereka akan menunjukan hasil karya yang dibuatnya seperti gambar kepada orang yang mereka cintai termasuk anda selaku orang tuanya.

Selain kedua hal di atas, anda juga mesti mengarahkan apa yang dilakukannya untuk menjadi lebih baik. Biarkan anak untuk berkarya dan bergerak sesuai keinginannya, namun tentunya dengan arahan dan bimbingan yang benar. Berikan juga mereka kedekatan dan rasa aman, seperti memberikannya susu dancow agar motorik anak dapat lebih baik perkembangan dan juga pertumbuhannya.