Teknologi Pertanian Terbaru di Indonesia

0
621
Teknologi Pertanian Terbaru di Indonesia
Teknologi Pertanian Terbaru di Indonesia

Teknologi pertanian merupakan penerapan dari ilmu-ilmu terapan serta teknik di sektor pertanian. Teknologi pada awalnya dibuat oleh manusia untuk memudahkan berbagai pekerjaan. Berbagai teknologi sudah ditemukan oleh manusia dan semakin berkembang pesat, mulai dari bidang transportasi sampai informasi tak terkecuali dunia pertanian. Teknologi pertanian di indonesia semakin ke arah yang maju. Tak hanya universitas dan pemerintah, bahkan perusahaan swasta pun mulai mengembangkan teknologi di bidang pertanian. Ini merupakan pertanda, bahwa petani indonesia adalah pasar yang menarik dan siap untuk naik kelas.

Perkembangan teknologi pertanian di Indonesia sebenarnya sudah sangat lama seperti alat pertanian ani-ani, sabit, cangkul dan alat yang lainnya sudah bisa menjadi contoh teknologi pertanian, yang pada zamannya sangat membantu kehidupan petani. Mesin-mesin pertanian yang canggih muali dikembangkan dan teknologi pertanian yang konvensional pun mulai ditinggalkan karena dianggap tak produktif lagi.

Di perdesaan anda bisa menemui penggiling padi, handtractor sampai tressure sudah digunakan dan dikenal oleh para petani. Sebagai seorang petani, ada 3 jenis teknologi yang dapat mampu meningkatkan omset anda; Pupuk Kimia, Benih Unggul dan Alat Pertanian Modern. Untuk penerapan teknologi pertanian di indonesia alat-alat yang digunakan yaitu:

  1. Alat Penanam Padi Jarwo Transplanter

Konsep alat ini yaitu memberikan jarak yang sesuai antara satu barisan padi dan barisan padi yang lainnya. Sistem ini mampu meningkatkan produksi hingga 30%. Jarak yang lebar anatar baris juga mempermudah pemeliharaan tanaman padi.

2. Mesin Pemanen Padi Indo Combine Harvester

Alat ini memiliki diameter yang lebih rendah dan mampu beroperasi di lahan basah. Selain itu tusuk panen yangdihasilkan kurang lebih 1% dan kapasitas kerja nya pun super cepat yaitu 4-6 jam per hektar.

Peran serta teknologi pertanian adalah untuk mensukseskan produktivitas usaha tani. Seiring bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan akan sandang, papan, dan pangan semakin meningkat apalagi kebutuhan pangan. Dengan begitu dunia pertanian harus bekerja lebih keras agar bisa memenuhi kebutuhan pangan dunia, dengan cara melakukan tahap demi tahap agar produksi yang dihasilkan bisa memuaskan.

Meta Deskripsi: Teknologi pertanian merupakan penerapan dari ilmu-ilmu terapan serta teknik di sektor pertanian. Teknologi pada awalnya dibuat oleh manusia untuk memudahkan berbagai pekerjaan